Artikel Terbaru

Bahas Anime - Database Anime Bahasa Indonesia

25 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

Anime dengan genre Romance atau Romantis, memang menjadi salah satu jenis genre yang cukup populer di kalangan pecinta anime. Baik itu bagi remaja pria maupun wanita, dan terkadang banyak sekali oleh yang melakukan perdebadan terkait dengan jalan cerita yang dibawakan oleh anime-anime yang memiliki genre Romance ini. Walaupun demikian genre Romance tentu tidak akan pernah tergantikan kepopulerannya, dan bahkan menjadi salah satu genre yang begitu populer bagi mereka pecinta anime. Rata-rata para pecinta anime setidaknya memiliki sebuah anime yang menggunakan genre Romance ini yang tergolong anime favorit mereka.

Cerita yang begitu menarik, dikarenakan mengangkat sebuah unsur yang begitu penting bagi seorang manusia, yakni tentang cinta. Berbagai permasalah yang terjalin didalam sebuah cinta, kisah unik yang terjadi karena cinta hingga perjalan akhir tentang cinta yang begitu membuat kita yang menontonnya dengan mudah untuk terhanyut kedalam cerita yang dibawakan oleh anime-anime yang menggunakan genre yang satu ini. Dan karena kemenarikan dari genre yang satu ini, telah banyak melahirkan beragam anime-anime yang menjadi favorit banyak orang.


Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Atau bahkan menjadi anime dengan genre romance terbaik sepanjang masa, dikarenakan kisah dan ceritanya yang masih belum memiliki lawan atas kepopuleran dari anime-anime tersebut. Dan berikut ini kami mencoba merangkumnya untuk anda tentang apa-apa saja anime-anime dengan genre romance yang terbaik sepanjang masa. Seperti apa ? Silahkan disimak.

Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Siapa yang tidak mengenal serial anime satu ini ? Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April), Serial ini pertama kali tayang perdana pada tanggal 10 Oktober 2014 silam, dengan jumlah episode yang disajikan sebanyak 22 episode. Anime TV series ini begitu terkenal berkat kisah percintaan antara Miyazono, Kaori dan juga Arima, Kousei yang begitu mengharukan. Seolah-olah bisa memberikan kesan yang begitu amat mengharukan dan romantis. 

Dan tak heran anime buataun A-1 Pictures ini mendapatkan Score yang begitu tinggi di MAL, yaitu nsebesar 8.91 dari sebanyak 200rb-an pengguna yang ikut serta didalam vote. Perpaduan kisah romantis yang begitu mengiris hati, dengan indahnya musik yang dibawakan pada anime ini, membuat serial adaptasi dari Manganya ini menjadi anime romance terbaik sepanjang masa.

Akagami no Shirayuki-hime (Snow White with the Red Hair)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Jika seandainya anda termasuk orang yang menyukai kisah romantis yang bisa memberikan kehangatan di hati, maka salah satu rekomendasinya adalah dari anime Akagami no Shirayuki-hime ini. Serial ini tayang dengan perdana pada tanggal 7 Juli 2015 lalu, dengan episode yang dibawakannya sebanyak 12 episode serta durasi sekitar 24 menitan lamanya. Walaupun begitu anime adaptasi dari Manganya ini begitu bisa memberikan cerita romantis yang benar-benar bisa membuat orang menontonnya menjadi terhanyut. 

Kisah percintaan yang terjalin antara Shirayuki, yang seorang ahli didalam obat herbal dengan warna rambut merah yang begitu indah menjalin percintaan dengan Zen, seorang pengeran kedua dari kerajaan Clarine, membuat kisah percintaan mereka tak perlu diragukan lagi keromantisannya. Dan bahkan serial buatan Bones ini, semakin sempurna karena tidak adanya alur cerita pertengkatan yang tidak begitu perlu untuk ditampilkan yang membuat hubungan mereka begitu mulus dan santai.

Clannad: After Story

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Para penggemar anime romance sejati tentu saja tidak asing lagi mendengar nama Clannad: After Story. Serial yang diadaptasi dari visual novelnya ini begitu memiliki cerita yang amat romantis. TV series ini pertama kali tayang pada tanggal 3 Oktober 2008 silam, dengan episode yang dibawakannya sebanyak 24 episode, dan tiap-tiap episodenya dihadirkan dengan durasi sekitar kurang lebih 24 menit lamanya. 

Anime yang tayang pada musim Fall 2008 ini, menjadi anime romance, yang mampu untuk membuat anda yang menghayati dan menontonnya menjadi menangis pada kisah-kisah akhir didalam episodenya. Dimana kesan seperti inilah yang begitu amat cocok dan seharusnya ada pada setiap anime romance. Berkisahkan tentang ikataan keluarga dan percintaan yang begitu manis namun memilukan menimpa seseorang pria bernama Okazaki, Tomoya. 

Kehidupan yang begitu berat harus dia jalani dikarenakan sang istri harus menghadapi sebuah penderitaan yang amat pahit karena sebuah penyakit. Anda akan dibawa masuk kedalam suasana yang amat begitu memilukan dan seolah-olah anda tau apa yang dirasakan oleh Okazaki, Tomoya ini. Karya dari studio Kyoto Animation ini mendapatkan Score tinggi di MAL, yaitu sebesar 9.04 dari sekitar + 300.000 user disana.

Ore Monogatari!! (My Love Story!!)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Ore Monogatari!! (My Love Story!!) pertama kali tayang pada tanggal 9 April 2015 lalu, dengan membawa sebanyak 24 episode pada serinya ini. Anime ini mengambil pendekatan kisah asmara yang terjadi pada seorang anak l;aki-laki yang begitu sangat unik, sebagai seorang tokoh utama, dia adalah Gouda, Takeo. Fisiknya yang besar, seolah-olah memberikan kesan yang menakutkan dan mengerikan tertanam pada dirinyaa. 

Namun pada kenyataannya dia memiliki hati yang begitu sempurna seperti layaknya emas. Didalam serial buatan Madhouse ini nantinya kisah percintaan dari seseorang bertubuh besar yakni Gouda, Takeo akan penuh dengan keromantisan. Score yang diperoleh anime Spring 2015 ini ialah sebesar 8.09 dari sebanyak + 100.000 user yang ada di MAL.

Sukitte Ii na yo. (Say "I Love You")

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Sukitte Ii na yo. (Say "I Love You") tayang perdana pada tanggal 7 April 2012 lalu, atau bertepatan pada musim Fall 2012. Dengan episode yang dibawakan pada seri ini sebanyak 13 episode. Serial ini memperlihatkan kisah percinta yang tergolong lucu dan unik. Dimana antara seorang gadis yang canggung dan anti sosial bernama Mei dengan Yamato, Mei sendiri sama sekali tidak memiliki teman. Sedangkan Yamato dia adalah seorang pria yang begitu populer di sekolahnya, dan sangat mudah untuk melakukan pergaulan dengan orang lain. 

Tentu saja dia sangat mudah untuk mendapatkan teman hingga dia memiliki teman yang tak terhitung jumlahnya. Kisah mereka berdua memang terkesan seperti kisah romantis lainnya, yakni saling berpelukan memiliki rasa cinta yang amat kuat didalam diri sendiri, namun dari itu ada sebuah hal menarik dari cerita pada anime ini. Seperti apa ? Silahkan nonton saja animenya.

Kimi ni Todoke (From Me to You)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Serial TV Series ini pertama kali tayang pada tanggal 7 Oktober 2009 lalu, dan seelsai penayangannya pada tanggal 31 Maret 2010. Anime buatan Production I.G ini bercerita mengenai kisah dari seorang gadis yang bernama Sawako, dimana teman sekelasnya mengkawatirkan dirinya memiliki sifat sebagai seorang gadis pemarah dan menakutkan seperti hantu pada film "The Ring" Namun padahal sifatnya yang sebenarnya ialah sangat pemalu dan manis. 

Namunhal tersebut sudah salah diartikan oleh teman-temannya. Selain itu terdapat juga seorang anak laki-laki bernama Shouta, dimana dia merupakan seorang yang begitu cerita dan baik hati. Shouta berusaha untuk memberikan pengajaran kepada banyak orang tentang cara membuka diri terhadao orang-orang yang ada disekitar. Hingga pada suatu ketika Shouta merasa kagum dengan Sawako, dan dia berusaha untuk berbicara sekaligus memberikan harapan kepada Sawako untuk mendapatkan teman yang benar-benar begitu dia inginkan. 

Hingga sampai pada akhirnya keakraban mereka berdua membuat tumbuh benih asmara diantara hubungan mereka. Anime yang terlahir berkat adaptasi dari manganya ini mendapatkan Score yang cukup tinggal di MAL yakni 8.16 dari sekitar 180.000 lebih user yang melakukan vote.

Eikoku Koi Monogatari Emma (Emma: A Victorian Romance)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime berikutnya datang dari TV Series buatan Studio Pierrot. Dimana terlahir berkat adaptasi dari Manganya. Anime yang tayang pada musim Spring tahun 2005 ini bercerita tentang kisah dari percintaan yang terjalin dengan begitu manis antara seorang pelayan yang memiliki masa lalu yang begitu tragis bernama Emma dimana dia adalah seorang wanita yang memiliki sifat pekerja keras dan jujur dalam melakukan tugasnya. 

Dia menjalin sebuah hubungan asmara dengan seorang pria yang menjadi pewaris dari keluarganya yang tergolong bangsawan. Emma yang pada awalnya selalu merasakan kehidupan yang begitu berat, seolah-olah diringankan oleh kedatangan William, yang mana senyuman hangat dan kasih sayang yang begitu tulus membantunya untuk tetap bertahan dari semua beban sekarang maupun masa lalu yang kelam. Penasaran dengan animenya ? Silahkan nonton saja.

Nana

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime selanjutnya cocok buat mereka pecinta genre Shoujo. Dimana TV series buatan Madhouse ini terlahir berkat adaptasi yang didapatkan dari Manganya. Anime yang memiliki episode 47 dengan durasi sekitar 23 menit lamanya ini bercerita mengenai kisah dari seorang yang bernama Nana Komatsu yang berusia 20 tahun. Dia memiliki sifat yang begitu naif dan mudah untuk menjadi jatuh cinta terhadap seseorang yang berusaha untuk dekat dengan dirinya. 

Impian yang sudah dia inginkan, serta keambisiusan dirinya membuatnya terpanggil untuk mennggapai itu semua, hingga membawanya pergi ke Tokyo. Sekaligus membawa sebuah alasan yang tidak begitu kuat yaitu untuk mengejar pacarnya sekarang ini bernama Shouji Endo. Didalam anime ini dengan jelas mengupas kisah percintaan yang dirasakan oleh Nana Komatsu dengan beberapa orang. 

Perasaan patah hati, sedih, kecewa, bahagia dan perasaan lainnya akan anda rasakan jika menonton anime ini. Score yang didapatkan oleh anime ini cukup lumayan di MAL yakni dengan angka 8.53 dari 96.000 lebih user disana.

Toradora!

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Berikutnya ialah anime romance yang masih bertemakan kisah percintaan sekali yakni berjudul Toradora!. Serial ini tergolong kedalam anime TV series, dengan jumleh episode yang tersedia pada seri ini sebanyak 25 episode, dan durasi yang dihadirkan sekitar 24 menit lamanya. Anime yang memiliki sumber cerita dari Light Novelnya ini berceritakan mengenai kisah unik serta diiringin oleh bumbu-bumbu comedy didalamnya. 

Berkisar dari seorang siswa yang bernama Ryuuji Takasu, dimana dia merupakan seorang yang begitu lembut dan juga penuh cinta dalam melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga. Namun semua itu tak seperti tanggapan teman disekolahnya. Yang mana mereka lebih melihat Ryuuji seorang seorang yang bandel hanya karena wajahnya yang terlihat nakal. Dan bahkan dia sering dicap sebagai seorang yang nakal disaat ada orang baru yang bertemu dengannya disekolah. Disisi lain terdapat seorang siswi bernama Taiga Aisaka, dimana seorang murid yang memiliki ukuran tubuh kecil, mirip seperti boneka, yang mana dia terlihat begitu lucu dan lemak. 

Namun siapa sangka dia selalu membawa sebuah katana kayu, dan memiliki kepribadian yang begitu penuh dengan semangat. Kisah mereka berdua terlihat erat didalam anime ini. Dengan begitu kisah unik, Lucu dan perasaan lainnya yang sering muncul disaat menonton anime Romance-Comedy. Namun yang kali ini sedikit berbeda. Penasaran ? Nonton saja animenya.

Kaichou wa Maid-sama!

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Masih bertemakan kisah asmara di sekolah, selanjutnya ialah sebuah TV series yang berjudul Kaichou wa Maid-sama!. Dimana anbime ini tayang pertama kali pada tanggal 2 April 2010 lalu, dimana saat itu bertepatan pada agenda anime musim Spring tahun 2010. Selain adanya genre Comedy, anime yang terlahir dari adaptasi manganya ini memiliki beberapa genre lain, seperti Comedy, School dan juga Shoujo. 

Anime buatan J.C.Staff ini bercerita mengenai kisah dari seorang siswi yang menjadi ketua OSIS bernama Misaki, dimana dia terkenal berkat sifatnya yang begitu dingin dan ketat. Namun dibalik sifatnya itu ternyata dia menyimpan sebuah rahasia yang tak ingin orang-orang disekolahnya mengetahui, yakni dia bekerja seorang pekerja paruh waktu di sebuah kape maid (pelayan) dan menjadi pelayan disana. 

Hingga suatu ketika, kedoknya mulai diketahui oleh seorang cowok yang cukup populer disekolahnya bernama Takumi. Agar rahasinya tak terbongkar, Misaki harus berusaha untuk membuat Takumi tidak membongkarkan. Namun yang terjadi malah timbul benih-benih asmara diantara mereka berdua. Kelanjutannya seperti apa ? Silahkan nonton animenya. Untuk Scorenya di MAL, mencapaing angka 8.23 dari 271.000 lebih user yang melakukan vote untuk anime disana.

Kokoro Connect

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Berikutnya ialah anime berjudul Kokoro Connect. Dimana tayang pertama kali pada tanggal 8 Juli 2012 lalu. Dengan episode yang berjumlah 13 episode, dan masing-masingnya memiliki durasi sekitar 24 menit lamanya. Anime TV series ini bercerita mengenai kisah lima orang yang tergabung didalam klub bernama Cultural Research Club atau yang sering disingkat dengan SyuCS. mereka berlima diantaranya Taichi Yaegashi, Iori Nagase, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, Yoshifumi Aoki.

Disuatu ketika Aoki dan juga Yui mengalami sebuah kejadin yang begitu aneh, hingga pada akhirnya kejadian ini menyebar ke mereka berlima dan masuk kedalam sebuah permainan misteri untuk memenuhi asrat dari makhluk yang misterius. Selain nantinya akan ada kisah percintaan yang cukup menarik. Anime ini juga dipadukan dengan beberapa scene Comedy dan berbagai misteri yang harus mereka pecahkan guna untuk mengungkap dan menghentikan permainan tersebut. Penasaran ? Silahkan nonton saja anime ini.

Romeo x Juliet

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime berikut ini mungkin anda akan dengan mudahnya mengetahui genrenya dari namanya saja. Serial Romeo x Juliet termasuk anime TV series dengan jumlah episode yang tayang pada serinya sebanyak 24 episode, dengan durasi yang hadir pada tiap-tiap episodenya sekitar kurang lebih 24 menit lamanya. Animas buatan Gonzo ini bercerita mengenai kisah dari sebuah benua terapung bernama Neo Verona. 

Didalam benua tersebut terdapat sebuah keluarha bernama Montague yang sudah menguasi keseluruhan disana, dan dengan mudahnya membunuh setiap anggota dari keluarga Capulet, kecuali seorang anak perempuan dari Capulet bernama Juliet Fiammata Asto Capulet yang saat itu berusia 14 tahun. Setelah kejadian itu sisa-sisa dari pengikut Capulet akhirnya mencari tempat untuk bersembunyi. 

Juliet akhirnya melupakan tragedi pembantaian itu. Dan berganti identitas menjadi Odin seorang pahlawan keadilan dari kota "Red Whirlwind." Pelarian mereka pada akhirnya membuatnya bertemu dengan Romeo Candorebanto Montague. Yang merupakan anak laki-laki dari Montague tirani. Dan disinilah kisah asmara terjalin diantara mereka. Untuk kelanjutannya silahkan nonton saja anime ini.

InuYasha

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anda yang lahir ditahun 90an, mungkin sudah tidak asing lagi dengan anime ini. Yakni anime yang dulunya sering ditayangkan di TV Indonesia. Serial TV series ini dibuat oleh studio Sunrise, sebenarnya ada dua TV Series yakni dengan InuYasha yang tayang pada tahun 2000 silam dengan episode sebanyak 167 episode, dan satu lagi InuYasha: Kanketsu-hen pada tahun 2009 dengan 26 episode. 

Yang jelas anime ini sama-sama buatan Sunrise dan terlahir berkat adaptasi dari Manganya. Secara keseluruhan serial ini menceritakan mengenai kisah dari Inuyasha yang merupakan siluman, dengan seorang manusia yang kembali ke masa lalu bernama Kagome. Disana dengan bantuan Kagome mereka melakukan sebuah perjalanan untuk membantu iblis jahat dalam menghancurkan dunia. 

Hingga pada akhir seiring berjalannya waktu mereka mulai menyadari bahwa terdapat sebuah perasaan yang spesial diantara mereka. Anime yang cukup spesial bagi pecinta anime Indonesia ini mendapatkan score yang cukup tinggi di mal, yakni untuk InuYasha sekitar 7.90 dari 160.000 vote user. Lalu InuYasha: Kanketsu-hen sekitar 8.35 dari 59.000 lebih user.

Junjou Romantica

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime selanjutnya ialah untuk pecinta Shounen Ai. Yakni anime berjudul Junjou Romantica. Serial ini pertama kali tayang pada tahun 2008 silam, yakni lebih tepatnya pada tanggal 11 April 2008, yang mana bertepatan pada musim Spring 2008 lalu. TV series buatan Studio Deen ini, menceritakan mengenai kisah percintaan antara Misaki dan juga Usami. Dimana Misaki sendiri adalah seorang siswa SMA yang sedang mempersiapkan ujian untuk masuk ke universitas. 

Guna untuk mengurangi waktu tekanan belajar dia berhadap kepada teman baik dari kakaknya yang mana adalah seorang penulis terkenal bernama Usami. Namun Misaki mengetahui bahwa Usami memiliki buku-buku dengan genre yang nakal. Dan akhirnya dari sanalah hubungan mereka berdua mulai terjalin. Kelanjutannya seperti apa ? Silahkan nonton saja. Ingat anime ini, memiliki genre Shounen Ai yang cukup kental, ditambah bumbu comedy, dan drama. Namun kisah percintaannya masih kental.

Hachimitsu to Clover (Honey and Clover)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime ini tergolong kedalam serial TV series, yang mana pada serinya kali ini memiliki jumlah episode sebanyak 24 episode, dengan masing-masing episode dilengkapi dengan durasi yang berlangsung sekitar 23 menit lamanya. Anime yang terlahir berkat adaptasi yang didapatkan dari manganya ini mencertikan mengenai kisah dari kehidupan tiga orang mahasiswa miskin yang mana mereka saling berbagi aparteman untuk tempat tinggal. 

Mereka ialah Yuuta, Takumi dan juga Shinobu. Biaya sewa yang rendah sangat cocok untuk para mahasiswa seperti mereka. Shinobu yang merupakan seseorang yang misterius dan aneh. Lalu Takumi seseorang yang selalu terlhat bergairah baik didalam melakukan pekerjaannya. Selanjutnya ialah Yuuta seseorang yang begitu sederhana, yang memiliki impian yang sederhana pula. Pada suatu ketika mereka bertemu dengan seorang gadis mungil yang begitu luar biasa bernama Hagumi. 

Hagumi diberikan panggilan sayang oleh Shuuji dengan nama Hagu. Sedangkan pada suatu ketika Hagu bertemu dengan seorang gadis lainnya bernama Ayumi dan dipanggil dengan nama Ayu. Mereka dengan mudah menjadi berteman. Dan sementara itu Ayu jatuh cinta terhadap salah satu dari anak laki-laki tadi. Kisah kegembiraan, dan cinta sederhana terjalin didalam anime ini. Seperti apa kelanjutannya ? Silahkan nonton saja anime ini. Serial buatan J.C.Staff ini mendapatkan Score yang cukup baik di MAL, yakni sebesar 8.16 dari 50.000 pengguna MAL.

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (Anohana)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Selanjutnya anime fenomenal yakni Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. atau sering disebut dengan judul Anohana. Anime buatan A-1 Pictures ini cukup populer pada saat tahun perilisannya, yakni pada tahun 2011 lalu. Serial yang tergolong TV series ini pertama kali tayang pada tanggal 15 April 2011 lalu, dan selesai pada tanggal 24 Juni 2011. Serial yang diproduseri oleh beberapa perusahaan seperti Aniplex ini menceritakan mengenai kisah Junta Yadomi, yang mana memiliki kehidupan yang damai. 

Dia menghabiskan harisnya dengan libur dari sekolahnya dan mulai bermain video game dirumahnya. Hingga pada suatu ketika di musim panas, teman masa kecilnya yakni Menma, muncul, dan mendesak dirinya untuk mengabulkan sebuah permintaan yang sudah terlupakan. Yang mana pada saat itu Jinta menyadari bahwa Menma sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu. Pada awalnya dia hanya merasakan bahwa itu hanya jalusinasinya. Dan tidak yakin bahwa itu benar-benar hantu dari Menma. 

Hingga akhirnya dia menyadari akan hal tersebut. Dan mulai memberikan apa yang terbaik saat itu. Hingga sampai pada suatu ketika ada rasa yang timbul dari jauh dalam hatinya. Apakah itu ? Silahkan nonton animenya sendiri. Score yang didapatkan anime ini di MAL cukup tinggi, yakni 8.58 dari 330.000 lebih user disana.

Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)term,asuk anime yang memiliki type sebagai anime Movie series yang tayang pada tahun 2007 silam. Movie series ini hadir dengan episode yang berjumlah 3 dan masing-masing episode memiliki durasi yang berlangsung sekitar 22 menit lamanya. Anime buatan CoMix Wave Films bercerita mengenai kisah dari Takaki Toono dan juga Akari Shinohara. Dimana mereka adalah dura orang teman yang saling mengenal dan dekat satu sama lainya. 

Dan mereka juga berada dalam kelas yang sama. Namun semua itu seolah-olah menjadi sehuah cobaan tersendiri di hubungan mereka, saya keluarga dari Akari pidah ke sebuah wilayah yang ada di jepang karena tuntutan sebuah pekerjaan. Namun walaupun mereka berdua terpisah akan tetapi mereka masih saja berhubungan dari surat. Disaat keluarkan Takaki mulai pindah juga, akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu untuk terakhir kalinya. 

Seiring waktu mereka tumbuh dengan cepat, dan mulai melewati jalan kehidupan sendiri. Akan tetapi ada sebuah hal yang terjadi. Kira-kira apakah itu ? langsung saja nonton animenya. Serial anime yang bercerita tentang kisah asmara yang indah ini memberikan eksploitasi terhadap yang namanya kekuatan dari cinta pertama. Dimana hal tersebut dapat mempengarhui masa depan. Dari 230.00 lebih user yang melakukan vote terhadap anime ini, keseluruhan mendapatkan score 8.03.

Bokura ga Ita (We Were There)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Pecinta Shoujo dan kisah asmara anime yang umum, mungkin anime ini bisa menjadi pilihan. Dimana didalamnya terkandung kesan Shoujo yang begitu khas. Anime ini tergolong kedalam serial TV series dengan episode yang tayang sebanyak 26 dan durasi sekiyar 25 menit lamanya. Anime yang terlahir dari adaptasi manganya ini bercerita tentang kisah dari Nnami Takahasi, dimana dia akan memasuki tahun pertamanya di SMA, dan disaat itu harapan baik tentang mendapatkan banyak teman sudah dia harapkan sejak lama. 

Disana dia bertemu dengan seorang gadis pemalu bernama Yuri Yamato, dan mendengar darinya ada seorang anak laki-laki dikelasnya yang cukup populer bernama Yano Motoharu. Yuri yang sama sekali tidak peduli dengan Yano, karena ada kaitannya dengan masa lalunya dengan sang kaka bernama Nana. Nanami yang juga tidak menyukai sikapnya, pada akhirnya menjadi menghangat terhadap Yano dan mulai menaruh hati terhadapnya.

Dari sinilah awal sebuah kisah percintaan dari seorang gadis naif yang pemalu. Mulai jatuh cinta terhadap laki-laki yang populer serta sambong disekolahnya itu. Kelanjutnya seperti apa ? nonton saja anime. Score di MAL sendiri untuk anime ini cukup tinggi, yakni 7.50 dari 60.000 lebih user.

Koi Kaze (Love Wind)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Anime TV series buatan A.C.G.T yang berjudul Koi Kaze (Love Wind) ini pertama kali tayang pada tanggal 2 April 2004 silam. Atau lebih tepatnya pada musim Spring 2004. Serial yang terlahir berkat adaptasi manganya ini memiliki episode sebnayk 13 dan durasi setiap episodenya sekitar 24 menit lamanya. Anime yang diproduseri oleh salah satu perusahaan ternama seperti TV Asahi ini bercerita mengenai kisah Saeki Kaushirou, dimana dia bekerja sebagai Wedding planner, namun untuk kehidupan percintaannya sendiri sangat berantakan.

 Latar bekelang membuat dirinya sangat sulit sekali untuk membuat komitmen sepenuh hati untuk mencintai. Namun pada suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis perempuan diamna gadis ini berhasil dalam membangkitkan perasaan Koushirou kembali. Sebelum pada akhirnya dia mengetahui bahwa gadis tersebut adalah saudara perempuannya yang sekarang ini akan tinggal dengan ayahnya. Didalam anime ini memang terjadi kisah percintaan yang cukup tabu, yakni tergolong incest. Score yang didapatkan oleh serial ini sendiri berada di angka 7.30 dari 17.000 lebih user.

Hana yori Dango (Boys Over Flowers)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Hana yori Dango (Boys Over Flowers) tayang perdana pada tanggal 8 September 1996 silam. Atau lebih tepatnya pada musim Fall 1996. Anime TV series ini memiliki jumlah episode sebanyak 51 episode, dengan durasi yang hadir sekitar kurang lebih 25 menit lamanya. Anime ini berkisah tentang seseorang gadis yang berasal dari keluarga miskin bernama Makino Tsukushi. Dimana dia sangat ingin untuk melewati dua tahuhn terakhirnya di Eitoku Gakuen dengan ketenangan. 

Namun disaat di membuat dirinya menjadi dikenal karena membela temannya, yakni empat anak laki-laki yang berkuasa saat itu, dan kaya disekolah tersebut. Dia malah mendapatkan deklarasi perang dari mereka. Namun dibalik itu tersebelip kisah asmara yang terjalin diantaranya mereka. Anime ini tergolong kedalam shoujo anime jadi bagi kamu pecinta shoujo sangat cocok anime ini untuk dijadikan rekomendasi. Score yang diperoleh oleh serial buatan Toei Animation ini cukup tinggi, yajkni 7.87. dari 13.000 lebih user.

Lovely★Complex

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Lovely★Complex tergolong kedalam anime TV series dengan episode yang berjumlah 24 episode dan durasi yang berlangsung pada setiap episodenya sekitar 24 menit lamanya. Anima yang terlahir dari adaptasi manganya ini pertama kali tayang pada tanggal 7 April 2007 silam. Atau bertepatan pada musim Spring 2007. Serial ini menceritakan kisah percintaan yang tidak biasa menurut Kouzumi Risa dan juga Ootani Atsushi, dimana mereka berdua berusaha untuk menemukan pasangan yang idel mereka menurt mereka di SMA. 

Koizumi yang memiliki tinggal 172 cm menjadi lebih tinggi dari kebanyak rata-rata cewek disekolah mereka. Sedangkan Ootani memiliki tinggi yang lebih pendek dari kebanyakan pria disekolah mereka yakni 156 cm. Kepribadian mereka yang begitu mencolok di kelas bahwa diberikan julukan sebagai komedi oleh guru mereka dikelas. Dan bahkan disaat mereka beradu argumen, mereka malah jadikan sebagai sketsa oleh seluruh orang dikelas. Namun walalupun begitu pada akhirnya mereka jadi lebih mengetahui tentang arti asmara yang sebenarnya. 

Anime ini memberikan beberapa contaoh masalah yang begitu sensitif terhaap fisik, dan menyadarkan kita bahwa menerima diri sendiri adalah kunci utama sebelum membiarkan orang lain mencintai kita, dan mengetahui siapa kita sebenarnya. Serial ini mendapatkan cukup banyak penggemar di MAL, terbukti dengan Score yang didapatkan oleh anime ini sebesar 8.20 dari 140.000 lebih user di sana.

Sekaiichi Hatsukoi (World's Greatest First Love)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Berikutnya ialah anime yang memiliki genre Shounen Ai yang begitu kental, berjudul Sekaiichi Hatsukoi. Serial ini pertama kali tayang pada tanggal 9 April 2011 lalu, atau bertepatan pada musim Spring 2011. Serial TV series ini memiliki sebanyak 12 episode dengan tiap-tiap episodenya memiliki durasi yang berlangsung sekitar 23 menit lamanya. Anime yang terlahir dari adaptasi manga ini menceritakan mengenai kisah dari Ritsu Onodera dimana, dia merasa kecemburuan dari rekan kerjanya. 

Hingga pada akhirnya dia memutuskna untuk menbangun industri sendiri. Ritsu Onodera, merupakan seorang editor sastra yang sombong, dan untuk mencapai keingainannya dia berhenti dari  perusahaan penerbit ayahnya dan memutuskan untuk pindah ke Marukawa Publishing. Namun aling-aling diletakkan dibagian divisi sastra, dia malah mendapatkan pekerjaan dibagian editor manga rookie dibagian departeman editing Ermarald. Disana Ritsu berkenalan dengan pemimpin editor bernama Masamune Takano. 

Seseorang yang gigih dan berusaha keras dalam mencapai sebuah hasil yang maksimal. Dan ternyata diuketahui bahwa Takano adalaj cinta SMA Ritsu. Bagaimanakah kelanjutannya ? Silahkan nonton anime ini. Jika dibandingkan dengan Junjou Romantica, serialini lebih kompleks sendiri namun karakternya masih sangat saling cinta satu sama lain. Untuk Scorenya, serial ini mendapatkan angka 8.10 dari 61.000 lebih user di MAL.

Ookami to Koushinryou (Spice and Wolf)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Selain genre Romance, serial ini memiliki beberapa genre lainnya, seperti Adventure, Fantasy, dan juga Historical. Serial Ookami to Koushinryou (Spice and Wolf) pertama kali tayang pada tanggal 9 Januari 2008 atau bertepatan dengan musim Winter 2008. Anime ini memiliki sebanyak 13 episode dengan durasi sekitar 24 menit lamanya. Anime buatan Imagin ini menceritakan mengenai kisah dari Halo, dimana dia adalah dewa serigala yang begitu kuat dan dipuja oleh para penduduk di kota leci Pasloe setiap kali memasuki masa panen tahunnya. 

Lalu disisi lain ada seorang pedagang yang bernama Kraft Lawrence, dan mulai berhenti di Pasloe. Sekaligus menawarkan kepada Holo untuk menjadi mitra didalam bisnisnya. Dan setelah melakukan negosiasi akhirnya Kraft memutuskan untuk membuka sebuah toko sendiri. Dari sana mulai timbul sebuah ikatan diantara mereka berdua. Secara perlahan namun pasti rasa manis dari kisah romance didalam anime ini sangat terlihat menarik. 

Ditambahkan suasana Shoujo yang cukup terasa. Jika seandainya anda termasuk orang yang menyukai anime romance dengan abad pertengahan, maka anime ini sangat cocok untuk itu. Untuk Scorenya sendiri, serial ini mendapatkan angka 8.36 dari 190.000 lebih user di MAL.

Nodame Cantabile

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Perpaduan genre Romance dan Music mungkin bisa memilih anime ini sebagai pilihan rekomendasi. Serial Nodame Cantabile tergolong kedalam anime TV series dengan episode yang berjumlah 23. Dan setiap episodenya memiliki lama durasi sekitar 22 menit lamanya Anime buatan J.C.Staff ini tayang perdana pada tanggal 12 Januari 2007 silam, atau bertepatan dengan musim Winter 2017. Anime adaptasi dari manganya ini menceritakan mengenai kisah dari Shinichi Chiaki, dimana dikenal sebagai seorang musisi kelas satu. 

Yang sudah bermain untuk kalangan para elit yang ada di Eropa. Dia sendiri adalah seorang perfeksioni yang sering kali mengkritik dirinya sendiri sekaligus orang lain. Dan satu-satunya yang bisa menghentikan Shinichi untuk tidak pergi ke Eropa ialah ketentuan terbang. Disaat ingin memasuki universitas musik papan atas Jepang Shinichi bertemu dengan seorang wanita bernama Megumi Noda, atau dia menyebutkan Nodame. 

Disaat Shinichi mendengarkan Nodme bermain piano untuk pertama kalinya dia merasa kagum. Walaupun dia mengetahui bahwa Nodame adalah saingannya, akan tetapi perasaan cinta yang muncul seolah-olah tak bisa di ganggu gugat. Serial berhubungan dengan musik, percintaan ini hampir sama dengan anime Shigatsu wa Kimi no Uso. Namun bedarnya karater pada anime ini lebih klasi dan dewasa.

Hotarubi no Mori e (The Light of a Firefly Forest)

Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa + Shoujo dan Shounen AI

Serial Movie series berjudul Hotarubi no Mori e pertama kali tayang pada tanggal 17 September 2011 lalu dengan jumlah 1 episode dan didukung oleh durasi yang berlangsung sekitar kurang lebih 45 menit lamanya. Anime buatan Brain's Base ini diproduseri oleh perusahaan Aniplex dan terlahir berkat adaptasi dari manganya. Serial movie ini menceritakan mengenai kisah Hotaru Takegawa, diaman dia sudah enam tahun kehilangan rumahnya yang ada di hutan purba disaat dia mengunjungi pamannya. 

Perasaan lelah dan juga putus asa yang bercampur seolah-olah bisa direda dengan pertemuan Hotaru dengan sesosok roh hutan bertopeng yang mana dia bernama Gin. Disana dia mengetahui bertapa sulitnya untuk menyentuh Gin, dan jika dia melakukan itu semua Gin akan lenyap. Kisah mereka pada akhirnya membuat timbulnya perasaan romantis diantara mereka. 

Walaupun hal tersebut sangat mustahil untuk membuat mereka bersatu. Kisah romance yang begitu menawan pada anime ini seolah-olah membuat anda ingin lebih lama menyaksikannya. Serial ini mendapatkan score yang cukup lumayan tinggi di MAL, yakni 8.58 dari 130.000 user MAL.

 
Itu tadi beberapa anime romance yang kesan menarik dari anime tersebut akan tetap menjadi terbaik dan tak terlupakan panjang masa. Jika menurut anda masih ada anime rekomendasi yang begitu menarik sepanjang masa dan terbaik, silahkan berikan dikomentar dibawah. Sekian dulu, terima kasih

Subscribe to receive free email updates: